Kamis, 12 Juli 2018

Cara Memperbaiki Motor Injeksi yang Mogok



Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu familiar dengan kendaraan roda dua sebagai jenis alat transportasi favorit. Peluang tersebut dimanfaatkan pabrikan motor untuk mengeluarkan varian kendaraan terbaru setiap tahun. Ada berbagai jenis motor yang menggunakan mesin otomatis, sistem karburator dan sistem injeksi.

Motor injeksi Suzuki sendiri juga bisa mengalami masalah seperti sistem karburator seperti motor mengalami mogok dan harus dibawa ke bengkel Suzuki terdekat .

Permasalahan teknis yang mengakibatkan kendaraan Adna mengalami mogok bisa diatasi dengan berbagai cara antara lain:

       1.      Mengisi bahan bakar

Bisa jadi masalah utama motor injeksi Suzuki Anda mogok adalah kehabisan bahan bakar. Ya, Anda mungkin salah memprediksi ketersediaan bahan bakar atau terjadi kerusakan pada speedometer kendaraan.

Tentu cara mengatasinya cukup mudah yakni Anda hanya perlu mengisi ulang bahan bakar di SPBU terdekat. Sebaiknya Anda menunggu beberapa saat agar motor bisa kembali dihidupkan. Langkah lain yang sangat direkomendasikan adalah menggunakan starter manual setelah pengisian agar tidak merusak starter listrik motor injeksi.

       2.     Memperbaiki CDI dan busi

Masalah pada komponen CDI dan busi yang berfungsi melakukan proses pengapian pada sistem pembakaran motor injeksi bisa jadi mengakibatkan motor mogok. Kerusakan pada komponen ini bisa menyebabkan motor mengalami penurunan tenaga bahkan mati.

Anda bisa membawa langsung kendaraan pribadi ini ke bengkel Suzuki untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Jika komponen rusak mengakibatkan motor mati, bisa jadi Anda harus melakukan penggantian komponen CDI dan busi dengan suku cadang asli Suzuki.

       3.      Lakukan pemeriksaan bagian Fuel Pump

Jika motor Anda mogok mendadak, coba periksa bagian Fuel Pump dengan cara mendengarkan bunyi dengungan sesaat setelah kunci motor berada dalam posisi ON. Ciri Fuel Pump memerlukan Service Suzuki terdekat bila tidak terdengar bunyi sama sekali.

Fuel Pump yang mati mengakibatkan kondisi motor tertahan atau tidak bisa dinyalakan. Anda tidak bisa memperbaikinya sendiri sehingga perlu dibawa ke bengkel resmi Suzuki yang memiliki tenaga ahli untuk melakukan penanganan rumit ini.

       4.     Memperbaiki aki

Kalau ingin kendaraan Anda awet dan tidak rentan mengalami kerusakan, sebaiknya Anda memang melakukan perawatan aki dengan benar. Aki pada mesin motor injeksi berfungsi untuk memompa mesin dan menstabilkan arus pada sistem kelistrikan serta menstabilkan voltase agar komponen motor tidak mudah rusak.

Jika aki bermasalah, motor injeksi Anda bisa mati dan tidak bisa digunakan. Tentu hal ini berbeda dengan motor yang memakai sistem karburator yang masih bisa dipakai meski aki dalam kondisi mati.

Anda bisa membawa langsung ke bengkel suzuki terdekat untuk mengetahui apakah aki kurang listrik atau memang telah rusak. Jika aki motor injeksi kurang listrik, Anda hanya perlu melakukan pengisian ulang. Sedangkan aki yang rusak harus diganti ulang dengan aki yang baru.

4 cara mengatasi motor injeksi mogok di atas bisa menjadi bahan pengetahuan bagi Anda yang awam terhadap mesin motor. Anda juga bisa langsung membawa ke bengkel Suzuki yang akan menangani semua masalah kendaraan Anda termasuk motor injeksi yang gampang mogok.


EmoticonEmoticon