Jumat, 16 November 2018

3 Olahraga untuk Anda yang Menderita Gangguan Sendi Lutut



Melakukan operasi TKR tidaklah sederhana. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dan salah satunya adalah biaya karena biaya operasi TKR tidaklah murah. Jika anda ingin mendapatkan keringanan biaya maka anda perlu segera mengurus asuransi kesehatan dan melakukan klaim supaya bisa menjalani operasi dengan beban biaya yang lebih ringan.

TKR merupakan kependekan dari Total Knee Replacement. Operasi ini dilakukan jika sendi lutut mengalami kerusakan dan sudah tidak bisa diperbaiki lagi. Bantalan tulang rawan pada lutut akan diganti dengan bantalan buatan yang dibuat dari bahan besi. Operasi ini bertujuan agar sendi lutut bisa berfungsi lagi secara normal seperti biasanya dan penderita bisa beraktivitas dengan lancar.

Olahraga untuk Penderita Gangguan Sendi Lutut
Sendi lutut merupakan bagian vital pada tubuh kita. Bisa dibilang sendi lutut merupakan pusat pergerakan dari tubuh kita. Coba bayangkan, begitu sendi lutut terasa sakit maka kita akan kesulitan untuk beraktivitas seperti biasa. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan sendi lutut adalah dengan berolahraga.

Lalu bagaimana dengan mereka yang sudah mengalami gangguan sendi lutut? Sebelum menjalani Total Knee Replacement, penderita gangguan sendi lutut bisa menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan lututnya mengingat biaya operasi TKR tidaklah murah. 

Berikut adalah 3 jenis olahraga yang disarankan untuk dilakukan oleh penderita gangguan sendi lutut :


     1.    Bersepeda Statis

Penderita gangguan sendi lutut bisa berolahraga di rumah dengan menggunakan sepeda statis. Bersepeda statis menjadi jenis olahraga yang cukup aman bagi sendi lutut anda karena beban yang ditanggung tidak begitu berat. Olahraga ini bisa membantu membakar kalori anda dan membuat tubuh menjadi lebih segar tanpa mengganggu kondisi sendi lutut anda.

      2.    Berjalan Kaki

Penderita gangguan sendi lutut biasanya akan kesulitan untuk berlari atau joging. Akan jauh lebih baik jika mereka berolahraga jalan kaki saja daripada berlari. Anda bisa berjalan kaki di pagi atau sore hari dengan jarak tertentu supaya tubuh menjadi lebih segar tanpa harus membuat bagian lutut anda sakit.

     3.    Berenang

Penderita gangguan sendi lutut bisa melakukan olahraga renang karena jenis olahraga ini dinilai aman untuk kondisi lutut anda. Selain aman untuk lutut, jenis olahraga ini juga sangat menyenangkan untuk dilakukan. Jadi, jika anda memiliki gangguan sendi lutut coba tekuni olahraga renang supaya tubuh tetap sehat tanpa terhalang kondisi lutut yang bermasalah.

Itulah tadi 3 jenis olahraga yang disarankan untuk penderita gangguan sendi lutut. Bagi anda yang mengalami gangguan sendi lutut yang cukup parah, maka anda sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter. Anda bisa bertanya apakah anda perlu menjalani Total Knee Replacement atau tidak. Jika iya, maka segera siapkan klaim asuransi kesehatan untuk meringankan biaya operasi TKR anda.


EmoticonEmoticon