Jumat, 01 Februari 2019

Fakta-Fakta Penting Asuransi Perjalanan Online


Asuransi perjalanan online sebenarnya bukanlah hal yang asing lagi di telinga masyarakat. Dengan semakin majunya teknologi, masyarakat tidak perlu lagi harus bertatap muka dengan para marketing asuransi yang bisa jadi menyita banyak waktu. Asuransi secara online bisa digunakan sebagai gantinya. Sebenarnya, seberapa pentingkah asuransi perjalanan online bagi diri Anda? Berikut ini fakta-fakta penting terkait hal ini.

Pentingnya Asuransi Perjalanan

Bagi traveler cerdas, melakukan perjalanan jauh, baik berwisata maupun dalam urusan bisnis, sudah pasti tidak hanya perbekalan dan tiket saja yang harus dipersiapkan. Memproteksi diri dari segala kemungkinan juga menjadi hal wajib yang harus dipersiapkan, salah satunya dengan membeli asuransi perjalanan. Kita tidak pernah tahu perubahan kondisi tubuh kita. Bisa jadi, pagi hari sehat wal afiat, sore hari menderita sakit. Terlebih saat Anda bepergian ke luar negeri yang mempunyai cuaca berbeda dengan negara kita. Belum lagi, kemungkinan adanya gangguan selama perjalanan hingga menyebabkan kecelakaan. Plusnya lagi, asuransi perjalanan juga bisa digunakan untuk mengatasi adanya berbagai kemungkinan buruk, seperti pesawat delay, pembatalan perjalanan, hingga bagasi yang hilang. Itulah mengapa, asuransi perjalanan menjadi sangat penting untuk Anda miliki. Dengan asuransi ini, perjalanan Anda akan lebih aman dan nyaman.

Asuransi Perjalanan di Zaman Digital

Seiring dengan perkembangan teknologi, penggunaan internet untuk segala lini kebutuhan manusia sudah menjadi hal yang wajar. Dengan adanya internet, Anda tidak perlu lagi bertemu langsung dengan petugas asuransi dengan penjelasannya yang panjang lebar. Cukup dengan menggunakan media internet, Anda bisa mencari informasi sekaligus membeli asuransi perjalanan online. Hanya saja, dalam memilih asuransi perjalanan secara online ini, Anda perlu waspada. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan:
  1. Periksa durasi perjalanan dalam asuransi tersebut disesuaikan itinerary Anda. Jika ingin melakukan perjalanan selama sepuluh hari, sebaiknya pilih durasi asuransi untuk waktu 11 hingga 12 hari.
  2. Membandingkan satu perusahaan asuransi dengan lainnya untuk memilih yang terbaik, baik dari besaran pertanggungan hingga premi yang ditetapkan.
  3. Bagi Anda yang selalu melakukan perjalanan jauh dalam satu tahunnya, akan lebih hemat jika menggunakan asuransi perjalanan dengan jenis polis tahunan. Biasanya, asuransi dengan polis tahunan ini juga menyediakan banyak promo.
  4. Cek kesehatan sebelum berangkat sehingga dapat mengetahui perluasan asuransi yang harus diambil.

Jangan Mudah Terpengaruh Persepsi Salah tentang Asuransi Perjalanan Online

Di tengah masyarakat banyak sekali persepsi yang salah tentang asuransi perjalanan online. Beberapa persepsi salah tersebut adalah proses pembelian yang ribet, sulitnya mendeteksi prosesnya, hingga susahnya mengajukan klaim. Dalam hal ini, Anda jangan mudah terpengaruh. Sebab, adanya sistem online ini justru membuat Anda bisa melihat secara langsung proses yang pembelian secara real time. Sehingga, kapan pun Anda membutuhkan informasi tersebut, saat itu juga informasi tersebut akan Anda dapatkan.

Jenis Asuransi Perjalanan

Secara garis besar, asuransi perjalanan online terbagi menjadi dua, yaitu domestik dan internasional. Perbedaan antara keduanya hanya terletak pada masa berlakunya.
  1. Asuransi perjalanan domestik untuk perjalanan domestik dengan cakupan pertanggungan berupa pembatalan perjalanan, delay pesawat, perlindungan terhadap kecelakaan, hingga kehilangan barang bagasi.
  2. Asuransi perjalanan internasional yang pertanggungannya lebih luas dari domestik, yaitu dengan penambahan fasilitas pemulangan jenazah jika terjadi kecelakaan hingga meninggal, proses evakuasi, serta perlindungan kehilangan dokumen selama perjalanan.
Itulah beberapa fakta asuransi perjalanan online. Yuk, menjadi traveler yang cerdas dengan membaca 5 hal yang harus Anda ketahui saat membeli asuransi perjalanan online.


EmoticonEmoticon