Sabtu, 09 Maret 2019

Ternyata, sate kambing benar menyebabkan darah tinggi



Teman-teman sering senger kalimat ini kan di masyarakat? Banyak yang bilang ini mitos dan ada yang bilang ini fakta. Sebenarnya bagaimana sih? Yang benar yang mana? Daging gambing adalah daging yang mengandung berbagai macam zat yang berfaedah buat tubuh seperti protein, lemak, natrium, magnesium, kalium, dan juga kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi mengapa kok menyebabkan tekanan darah naik?

Karena banyaknya kontroversi di masyarakat ini, banyak peneliti yang akhirnya melakukan penelitian mengenai efek dari konsumsi daging kambing ini. Dari beberapa penelitian didapatkan bahwa terjadi peningkatan tekanan darah pada seseorang setelah mengkonsumsi daging kambing.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan adanya peningkatan tekanan darah? Jadi di dalam daging kambing kandungan lemaknya cukup tinggi dan yang paling banyak adalah lemak jenuh yang kurang baik bagi tubuh. Lemak ini akan meningkatkan kadar lemak dalam darah yang akan menungkatkan kekentalan darah yang berakibat meningkatkan kerja jantung dan tekanan darah pun akan meningkat. Selain itu pada daging kambing juga terdapat kandungan protein yang tinggi sehingga akan meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan akan berakhir pada peningkatan tekanan darah. Selain dua kandungan daging kambing di atas yang menyebabkan tekanan darah naik, daging kambing juga mengandung kadar natrium yang cukup tinggi, seperti kita ketahui banyaknya kadar natrium dalam tubuh kita akan meningkatkan pula kadar air dalam tubuh kita yang nantinya akan meningkatkan tekanan darah.

Lalu, bagaimana apakah kita tidak boleh mengkonsumsi daging kambing sama sekali? Tentu saja tidak. Yang pertama islam mengatakan daging kambing adalah toyyib atau baik karena islam menganjurkan untuk menyembelihkambing pada hari raya idhul adha. Jadi disamping efek buruknya itu banyak banget manfaat yang dikandung oleh daging kambing itu sendiri. Yang kedua saat makan bisa kita barengi dengan bahan-bahan yang dapat mendetox tubuh dari bahan-bahan yang kurang baik sehingga mudah dicerna. Contohnya disini kita dapat menyedian satu piring penuh yang berisi bawang merah potong, tomat potong, dan sayuran mentah seperti sayur kol, mentimun, dan lain-lain. Jadi kita saat makan satu porsi sate kambing dan dibarengi dengan makan satu piring bahan-bahan yang disebutkan tadi badan kita akan mendetox zat-zat yang kurang baik yang terkandung di dalam danging kambing itu. Sehingga tubuh kita aman. Yang ketiga, jangan makan sate kambing dibarengi dengan minum es. Ini akan mempermudah penumpukan lemak dalam tubuh anda.

Satu lagi teman-teman sebenarnya sate kambing yang dibakar itu akan menghasilkan zat yang disebut karsinogenik yang akan menyebabkan berbagai penyakit muncul dalam tubuh kita, yang paling parah adalah kanker. Zat karsinogenik ini terbentuk saat lemak dari daging menetes pada arang saat di bakar dan zat ini akan menempel pada bagian luar daging yang hitam-hitam itu. Jadi untuk menghindari itu masuk dalam tubuh kita. Jangan makan bagian sate kambing yang terlalu hitam ya karena kandungan karsinogenik nya tinggi. Selain itu pembakaran dengan arang akan meningkatkan kadar karsinogenik dalam daging tersebut. Jadi pembakaran sate sebenarnya lebih baik jika menggunakan bahan bakas gas seperti kebanyakan sekarang karena akan mengurangi kadar karsinogenik dalam daging kambing tersebut.


So, jangan takut makan daging kambing lagi ya karena ini adalah salah satu produk makanan yang disebut dalam islam. Tapi tetap sesuai porsi, apapun kalau berlebih itu tidak baik, ingat hehe. Semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon