Rabu, 18 September 2019

Inilah 5 Faktor Penyebab Jerawat di Dagu, Jangan Asal di Pencet


Jerawat memang termasuk masalah hormonal yang kerap kali dialami oleh orang-orang memasuki usia puber mereka. Bahkan hal ini berlangsung sampai dengan dewasa. Masalah kulit yang satu ini memang pada dasarnya adalah hal yang sangat normal terjadi, namun bagi sebagian orang juga menyebabkan rasa percaya diri menjadi turun, sehingga membuatnya mencoba berbagai macam cara untuk menghilangkan masalah jerawat tersebut. Mulai dari cara-cara alami sampai dengan menggunakan obat-obatan dari dokter. Jerawat sendiri bisa muncul di berbagai bagian wajah bahkan juga punggung, mulai dari pipi, jidat sampai dengan jerawat di dagu.

Nyatanya tempat muncul atau tumbuhnya jerawat ini bisa menandakan kondisi kesehatan seseorang, sehingga wajib untuk diwaspadai. Bagi beberapa kalangan sebenarnya masalah jerawat ini sudah menjadi hal yang normal, karena memang bisa hilang dengan sendirinya. Namun tidak jarang juga yang menjadikannya sebagai masalah besar, apalagi tak jarang jerawat sendiri juga akan memicu bekas membandel yang sangat sulit untuk dihilangkan.

Jerawat di dagu sendiri misalnya, masalah yang paling umum dialami oleh masyarakat, hal ini sebenarnya dapat dipicu oleh berbagai macam faktor, diantaranya adalah:
 
  1. Tidak menjaga kebersihan dengan baik, faktor yang paling umum terjadi dan bisa memicu munculnya jerawat sebenarnya tidak lain adalah kurang dalam menjaga kesehatan. Jerawat sendiri adalah sebuah peradangan yang terjadi ada pori-pori kulit disebabkan oleh bakteri, disebabkan oleh banyaknya kotoran yang menumpuk pada area tersebut. Untuk itu biasakanlah diri untuk membersihkan wajah secara rutin, sehingga nantinya jerawat juga tidak akan muncul, tak hanya di dagu, melainkan juga bagian wajah yang lainnya. 
  2. Perubahan hormonal, ini adalah faktor yang paling sulit untuk dikendalikan atau dicegah, karena setiap orang pastinya akan memasuki siklus hormonal yang tiba-tiba naik namun juga bisa turun. Apalagi pada wanita sendiri, hal tersebut terjadi saat memasuki masa menstruasi, sehingga memicu jerawat, biasanya jerawat yang disebabkan oleh faktor hormonal akan hilang dengan sendirinya, beberapa orang akan mengalaminya di bagian dagu atau jika tidak ada di bagian jidat. 
  3. Rambut yang tumbuh ke bagian dalam, area dagu ini sendiri memang paling banyak ditumbuhi rambut, apalagi pada kaum pria, terkadang ada beberapa pertumbuhan yang tidak normal, dimana rambut tersebut justru tumbuh ke bagian dalam sehingga menyebabkan terjadinya peradangan dan kemudian muncullah jerawat. 
  4. Menggunakan peralatan kosmetik, kemudian juga sarung bantal hingga masker dan juga helm yang kotor, ingat bahwa munculnya jerawat juga bisa dipicu oleh beberapa sarana prasarana yang Anda gunakan sehari-hari. Karena jarang dibersihkan, maka hal ini bisa menyebabkan bakteri ikut masuk kedalam pori-pori kulit sehingga terjadi peradangan. 
  5. Alergi pada penggunaan produk-produk tertentu, munculnya jerawat di area dagu ini juga dapat dipicu oleh faktor alergi. Alergi ini karena paparan dari bahan-bahan kimia tertentu dari produk kosmetik yang digunakan, ataupun juga bisa disebabkan oleh paparan dari beberapa produk rumah tangga yang dipakai sehari-hari dan tidak sengaja terkena kulit wajah.

Setelah mengetahui faktor penyebab jerawat di dagu tersebut maka Anda bisa menemukan solusi yang paling tepat untuk mengatasinya. Jangan asal menggunakan produk-produk kosmetik untuk mengatasi masalah jerawat tersebut, apalagi jika seandainya menyebabkan ketergantungan, akan jauh lebih baik jika seandainya Anda berkonsultasi pada dokter atau dengan mengutamakan pemakaian bahan-bahan alami untuk mengatasinya.


EmoticonEmoticon