Senin, 09 September 2019

Wings Air, Maskapai Kebanggan Bangsa





Indo News - Wings Air atau wings abadi airlines adalah salah satu  maskapai penerbangan domestik milik perusahaan induk Lion Air yang berbasis di jakarta dengan direktur utama bapak Edward Sirait. Wings air ini diresimkan pada tahun 2003 dan mulai beroperasi sejak tanggal 13 juni 2003 dengan mengoperasikan dua penerbangan internasional ke malaysia dan penerbangan domestik ke seluruh Indonesia termasuk ke daerah-daerah terpencil di Indonesia. Saat itu dua rute penerbangan pertamanya yaitu rute medan ke penang dan pekanbaru ke malaka. 

Wings air berpusat operasi di bandar udara internasional Sam Ratulangi, bandar udara internasional Ngurah Rai, dan bandar udara internasional Kualanamu dengan jumlah armada 51 buah. wings air sebagai anak perusahaan dari lion air mengubah bentuk logonya seperti sayap burung diubah menjadi kepala singa. Dengan perubahan logo tersebut membuat wings air juga mengubah liverynya mengikuti perusahaan induknya yakni Lion Air. 

Seperti perusahaan induknya, Lion Air, Wings Air juga memiliki sebutan maskapai dengan low cost carrier. Berkat sosok bapak Rusdi Kirana yang telah mendirikan lion air dengan tagline “we make people fly” dengan harga yang murah telah berhasil membuat masyarakat kepincut kemudian ditambah dengan peluncuran wings air yang memang tujuan awal pembentukannya adalah khusus menjangkau daerah-daerah terpencil di Indonesia. Baru beberapa tahun beroperasi wings air telah mendapat banyak catatan prestasi positif sperti pada tahun 2014 wings air telah berhasil membawa 4 juta penumpang yang mana angka tersebut adalah peningkatan sebanyak 20% dibandingkan dengan kinerja pada tahun 2013. 

Wings air adalah maskapai perintis yang telah meroket, hal tersebut ditandai dengan bertambahnya jumlah armada yang dimilikinya. Sebanyak 27 pesawat ATR 72-600 telah didatangkan dan hal ini menjadikan wings air sebagai maskapai pesawat terbesar di dunia. Pesawa-pesawat ATR ini adalah buatan Perancis dan Italia yang telah dirancang khusus untuk penerbangan-penerbangan jarak pendek dengan jumlah kursi penumpang hanya 78 buah dengan kapasitas maksimum yang digunakan hanya 72 kursi yang mana sangat pas memang dengan ukuran awak pesawat ATR ini yang tidak terlalu besar. Saat ini wings air memiliki pesawat jenis ATR sebanyak 52 buah yang melayani penerbangan ke kota-kota besar seperti Surabaya, Makasar, Denpasar, Balikpapan, Medan, dll serta kota –kota kecil seperti Sibolga, Luwuk, Mamuju, Labuan Bajo, dll.

Strategik yang digunakan oleh wings air cukup bagus, yaitu mereka fokus melayani penerbangan-penerbangan ke daerah-daerah terpencil di Indonesia dengan jarak yang pendek yang mana hal ini jarang dijamah oleh maskpai-maskapai lain sehingga membuat wings air sukses dalam strateginya. Hal ini terbukti dalam setiap penerbangan wings air kursi penumpang selalu terisi hampir 75%. 

Rusdi Kirana telah berhasil membuat perusahaan-perusahaannya memiliki segmentasi khusus. Lion Air khusus melayani penerbangan ke daerah-daerah populer namun dengan harga yang rendah sedangkan wings air melayani penerbangan ke daerah-daerah yang terpencil. Karena segmentasi tersebut membuat dua maskapai ini berhasil menempati ruang di masyarakat dengan kekhasannya tersebut. 

Pada tanggal 29 maret 2017 lalu wings air berhasil membuat rute penerbangan baru yaitu dari Ambon ke Dodo. Daerah-daerah timur khususnya adalah fokus utama dari penerbangan maskapai ini. Selain itu Wings air juga membuat rute dari mankwari ke sorong. Maskapai ini saat ini telah memiliki 86 rute destinasi di seluruh Indonesia.


Call center wings air:
08041778899
021-6378000


EmoticonEmoticon